Sabtu, 24 Maret 2012

Plastik Bisa Bikin Kanker?

Plastik adalah bahan yang paling sulit diolah kembali, sehingga benda yang memudahkan kita dalam menjinjing barang-barang ini bisa dibilang menjadi ancaman terbesar bagi bumi. Bukan cuma itu saja, bagi kesehatan plastik harusnya dimusuhi. Karena bahan-bahan yang ada didalam plastik tidak baik untuk tubuh kita.


Bahaya plastik untuk kesehatan sebenarnya ketika plastik digunakan untuk membungkus makanan yang panas. Karena kandungan yang ada didalamnya amat berbahaya. Yakni mengandung pemlastis dioktilfalat atau DOP (bersifat toksisitas berdasarkan uji karsinogenik), yang konon kabarnya berasal dari minyak bumi yang sangat berbahaya. Pemlastis DOP yang dipanaskan pada media minyak, dapat menyebabkan kontaminasi yang tinggi.

Sering kali dijumpai ketika mie yang disajikan secara panas lalu dibungkus dengan kemasan plastik. Panas mie akan melebur dengan minyak mie dan plastik yang akhirnya menjadikan kandungan super toksit (racun berbahaya). Semakin panas air atau minyak didalam plastik, maka semakin tinggi pula kontaminasi plastic. Jika terlalu sering hal-hal semacam ini terjadi, maka penyakit yang ditimbulkan dari bahan ini adalah penyakit-penyakit kronis. Salah satu indikasinya adalah kanker.

Untuk mengurangi resiko kanker yang disebabkan karena kelalaian seperti ini, ada baiknya kita menggunakan pembungkus sendiri yang lebih aman. Jika tidak, lebih baik makan ditempat saja, agar lebih aman.



Sumber : antarnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar