Minggu, 18 Maret 2012

Google Earth Menemukan Kota Yang Hilang


Sudah banyak orang yang tahu kalau google tidak hanya memberikan layanan yang luar biasa dan banyak manfaat untuk banyak orang. Tidak hanya menjadi kotak pos, menampung gambar, atau “mesin pencari”, google juga dianggap berhasil dalam mengakomodir hal-hal yang tidak pernah lewat di otak.

Salah satunya sukses menemukan banyak kota-kota yang tidak terdeteksi oleh peta secara manual. Dengan sekali klik menggunakan google earth (gambar via satelit), orang bisa melihat letak salah satu kota yang diinginkan, sebutlah El Dorado. Lewat google earth, para ilmuan juga akhirnya bisa menemukan banyak tanda-tanda keberadaan kota itu. Kota ini kabarnya banyak misterinya. Konon rasa ingin tahu ini selalu berakhir dengan kabar tewasnya para pemburu atau ilmuan tersebut disekitar pulau Amazon, yang hanya bermodal rasa ingin tahu dan peta ditangan.

Dengan teknologi google earth, beberapa ilmuan asal Finlandia berhasil memecahkan misteri tersebut. Mereka adalah Martti Parssinen, Denise Schaan dan Alceu Ranzi. Walaupun hanya baru indikasi dan tanda-tanda (200 tanda permukaan), beberapa media massa sudah mengabarkan satu berita yang positif.

Tanda-tanda itu adalah adanya sebuah kota bernama El Dorado dan bisa ditelusuri, berupa jalan, jembatan, struktur tanah dan masih banyak lagi. Semuanya ada di area hutan, yang katanya ada disekitar amazon yang merupakan sisa-sisa jejak peninggalan El Dorado. Gosipnya lagi, daerah tersebut pernah ditinggali sampai 60 ribu jiwa. Walaupun masih butuh eksplorasi lebih dalam lagi, menurut seorang penulis buku terkenal David Grann, temuan ini penting, selama banyak yang mengira kota yang hilang itu hanya jebakan maut dan bisa saja salah. Temuan ini bisa jadi sebuah rumah peradaban yang lebih besar.


Sumber: detik-net.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar