Minggu, 18 Maret 2012

Ada Juga Planet Bunuh Diri


Kelihatannnya aksi bunuh diri tidak Cuma di monopoli manusia, tapi juga planet. Planet yang ada di ruang tata surya ternyata juga bisa melakukan aksi bunuh diri. Fenomena aneh ini ditemukan oleh sejumlah astronom yang sekarang sedang melakukan observasi. Munculnya gelombang dahsyat di dekat bintang, di duga sebagai aksi bunuh diri sebuah planet.


Setelah diamati secara lebih mendalam, planet yang melakukan aksi ini adalah Planet WASP-18b. Planet yang sudah hidup berjuta tahun dan ditemukan oleh professor astrofisika di Keele University, Inggris, Coel Heller. Gelombang hebat yang diciptakan oleh WASP-18b, merupakan bagian dari aksi penghancuran “dirinya”.

Planet tersebut mengelilingi bintang dalam konstelasi Phoenix dan berjarak 325 tahun cahaya dari bumi (1 tahun cahaya sekitar 9,3 triliun kilometer). Sementara jarak jangkauan planet dengan bintangnya adalah 1/50 jarak bumi dengan matahari. Dan ukuran planet WASP-18b sekitar 10 kali ukuran planet Yupiter. Analogi dari gelombang planet dan bintangnya sebagai relasi bulan dan bumi, yang gelombangnya bisa sampai 2 kali lipat.

Konon kabarnya para astronom sudah menemukan sekitar 370 planet diluar system matahari, tapi aksi seperti yang dilakukan oleh planet WASP-18b, tidak pernah ada sebelum nya. Jadi baru kali ditemukan fenomena aneh ini.


Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar