Minggu, 18 Maret 2012

Kenapa Kalau Gempa Pusing ? 



Keluhan soal pusing mendadak sering terjadi pasca guncangan gempa terjadi. Dan keluhan itu banyak dilontarkan orang belum lama ini. Lantas, sebenarnya apa yang membuat kita merasakan pusing pasca gempa? Menurut para ahli, ada beberapa factor yang membuat orang pusing disaat guncangan, seperti gempa.

Diantaranya, karena masalah kejiwaan yang bisa langsung berpengaruh kepada fisik. Soalnya, gempa selalu mendadak. Hal Itu menimbulkan satu kondisi diluar control, seperti panic reaction. Dalam kondisi panic, maka adrenalin dalam tubuh akan terpompa lebih cepat. Kalau sampai over masalahnya adalah krisis. Kalau sudah begini, pengaruh yang ditimbulkan akibat gempa adalah keringat dingin, pusing, mual dan sebagainya.



Faktor lainnya adalah orang tersebut memang memiliki gangguan di kepala. Misalnya migraine (sakit kepala sebelah) atau vertigo. Kalau sudah kondisi fisiknya seperti ini, gampang terkena pusing begitu ada goncangan gempa. Vertigo katanya paling riskan. Karena posisi “kepalanya berubah”, pusingnya lebih terasa lagi.

Untuk menolong orang yang pusing karena goncangan gempa. Dengan hilangnya goncangan, beberapa saat orang yang pusing akan reda dengan sendirinya. Cukup temani dan ajak ngobrol saja. Tapi untuk yang vertigo, paling ampuh adalah meminum obat penenang khusus untuk penyakait ini.



Sumber : detiknews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar