Sabtu, 24 Maret 2012

Awas! Lemak Menghipnotis Otak

Kota-kota besar atau ibu kota Negara seperti Jakarta makin indah dengan adanya papan-papan reklame di pinggir-pinggir jalan yang bagus-bagus gambarnya. Semakin oke gambar suatu iklan, biasanya semakin malas kita berpaling dari gambar tersebut. Konon katanya, kalau sudah semakinlama memandangi papan reklame, artinya kamu sudah terhipnotis. Dan itu sama sekali bukan sulap ataupun sihir.

Soal papan reklame yang berhubungan denngan makanan, menu makanan yang lezat (seperti es krim cone yang meleleh). Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh UT Southwestern Medical Center, Amerika, menyimpulkan, lemak yang ada didalam makanan bisa mempengaruhi otak seseorang. Itu sebabnya gambar menu-menu makanan yang ada didalam papan reklame bisa membuat otak orang skip!


Sudah tidak aneh lagi bila kita makan makanan enak pasti tidak mau berhenti-berhenti makan, kenapa? Karena molekul dalam lemak memicu otak, untuk mengirim pesan ke sel-sel tubuh agar mangabaikan sinyal hormon leptin dan insulin yang tidak lain adalah hormone penekan selera makan.

Penelitian ini sempat diujikan ke seekor tikus sebagai percobaanya. Tikus ini diberi makan dan berbagai injeksi lemak yang langsung ke otak secara konstan 3 kali sehari. Hasilnya, peneliti menemukan jenis lemak tertentu, ada didalam daging sapi, mentega, keju dan susu yang bisa membuat otak terhipnotis tidak berhenti makan. 



Sumber : detikhot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar