Rabu, 06 Juni 2012

Tips Sehat Bagi Wanita 

Gaya hidup, terutama kaum wanita metropolitan yang semakin modern dan serba instan ternyata menjadikan mereka sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit. Penyakit-penyakit seperti jantung, kanker, stroke, atau penyakit paru-paru kronis merupakan sebagian akibat dari pola hidup yang kurang sehat.

Berikut ini ada beberapa tips hidup sehat yang bisa mencegah ancaman penyakit-penyakit berbahaya tersebut:
Jangan Merokok!
Merokok adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di Amerika. Resiko terserang penyakit jantung dan kanker akan sangat mungkin, khususnya jika menggunakan alat kontrasepsi oral. Hati-hati terhadap asap rokok di tempat kerja atau rumah juga akan meningkatkan resiko, apalagi kalau ruangannya ber-AC.

Mengekang kolesterol.
Kolesterol yang tinggi merupakan factor resiko terbesar terserang penyakit jantung dan stroke. Menurut Persatuan Jantung Amerika Serikat, seorang wanita pada usia 55 tahun mempunyai kecenderungan akan mempunyai kolesterol akan lebih tinggi di banding pria.

Perhatikan berat badan.
Wanita memiliki kecenderungan peningkatan tekanan darah tinggi jika berat badan diatas berat yang direkomendasikan. Jika terlalu gemuk, terutama di sekitar pinggang, akan berresiko besar mendapat serangan diabetes, penyakit jantung dan stroke.

Banyak makan sayuran.
Lakukan diet yang kaya dengan sayuran dan buah-buahan berkaitan dengan kolestrol rendah. Beberapa penelitian menunjukkan adanya dampak yang signifikan mengurangi resiko kanker bila mengkonsumsi sayur-sayuran. Sayuran hijau, labu kuning, wortel, brokoli, tomat, bawang putih, dan bawang bakung sangat baik untuk mencegah atau mengurangi resiko kanker.

Minum air putih yang banyak.
Air putih adalah pilihan yang paling sehat, terutama ketika bangun pagi. Minimal minum air putih delapan gelas atau sekitar 1,5 liter sehari. Ini sangat membantu melancarkan metabolisme tubuh dan mempelancar pembuangan kotoran dari dalam tubuh.

Tidur teratur.
Tidur dibawah pukul 24 malam, sangat dianjurkan dan jadikan itu kebiasaan yang rutin. Ternyata produksi darah merah yang paling tinggi adalah pada saat kita tidur dan dibawah jam 12 malam. Sel-sel darah merah adalah senjata utama tubuh untuk membunuh berbagai penyakit.

Olahraga.
Olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan bahkan hidup akan bisa lebih produktif.


Sumber: Di kutip dari sebuah majalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar