Jumat, 15 Juni 2012

Ditemukan Vaksin Pencegah AIDS

Vaksin pencegah virus paling menakutkan di muka bumi akhirnya di temukan oleh para peneliti. Biarpun vaksin pencegah ini baru 31,2%, pastinya cukup bikin lega. Soalnya penemuan ini termasuk luar biasa. Masuk kategori yang pertama, dalam pengembangan vaksin AIDS. Sebelumnya vaksin yang seperti ini telah ditemukan, tapi dianggap gagal.

Sukses ini telah diumumkan oleh Menteri Kesehatan Thailand, Withaya Kaewparadai, di Bangkok akhir September lalu. Katanya, penemuan ini jadi langkah penting dalam pengembangan vaksin AIDS. Kabarnya, temuan ini dibahas lagi oleh para peneliti. Mereka ingin tahu bagaimana bisa menguji vaksin ini dalam jumlah yang terbatas. Mereka juga mencoba meneruskan pembuatan vaksin yang lebih baik lagi dan tidak berhenti di 3,2% saja, kalau bisa sampai 100%.

Temuan ini adalah kombinasi vaksin Sanofi-Pasteur’s ALVAC Canary pox/HIV dengan vaksin HIV AIDSVAX buatan VaxGen, sebuah perusahaan di San Fransisco, yang katanya pernah gagal juga. Tapi perusahaan itu sekarang sudah diambil alih oleh Global Solution for Infectious Diseases. Lembaga nirlaba ini yang meneruskan proses penelitian bersama oleh kementrian kesehatan masyarakat Thailand. Sementara dananya, disponsori pemerintah Amerika. Katanya, masih dibutuhkan analisis yang mendalam dan waktu yang tidak sebentar.

Apapun itu, penemuan ini telah memberi harapan baru di bidang penelitian vaksin HIV. Dan para peneliti juga berjanji akan memberi vaksin HIV yang aman dan paling efektif, dengan jumlah yang cukup untuk penduduk seluruh dunia yang membutuhkan. Virus AIDS telah menginfeksi sekurangnya 33.000.000 orang. Sementara yang telah meninggal akibat virus ini sejak tahun 1980-an sudah sekitar 25.000.000 orang. Sekali lagi, penemuan ini hanya membantu mencegah infeksi HIV. Bukan untuk mengurangi virus yang sudah dalam tubuh seseorang. Dan sejauh ini dapat mengurangi resiko infeksi hingga 31,2% saja.




Sumber : Detikhealth.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar