Jumat, 15 Juni 2012

Remaja Paling Rentan Terkena/ Tertular HIV/AIDS.

Virus HIV/AIDS sampai sekarang ini belum ditemukan obatnya. Golongan usia muda ternyata termasuk paling gampang terkena virus tersebut. Walau begitu, kita sebenarnya dapat mencegah tertular virus maut tersebut.

Di Indonesia, misalnya, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Sugiri Syarief menyatakan pada tahun 2009 saja diperkirakan 270.000 penduduk Indonesia tertular HIV/AIDS. Data tersebut didapatkan Pak Sugiri dari Departemen Kesehatan RI. Kata beliau, kaum remaja paling rentan terkena penyakit berbahaya ini.

Masalah pergaulan bebas dan kurangnya informasi soal HIV/AIDS biasanya menjadi jadi penyebab utama cepatnya penyebaran virus ini. “Kelompok umur 15-49 tahun merupakan populasi rawan tertular HIV/AIDS. Tapi, lebih dari 50% terjadi pada kelompok usia 15-29 tahun. Data ini memang memprihatinkan karena usia itu sebenarnya termasuk masa yang sangat produktif,” kata pak sugri. Menurutnya, perkiraan ini meningkat dibandingkan tahun 2006 yang hanya mencapai sekitar 193.000 penduduk yang tertular HIV/AIDS.

Senada dengan BKKBN, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Nasional, Nafsiah Mboi menjelaskan, peningkatan estimasi tersebut disebabkan perilaku seks berresiko yang dilakukan oleh masyarakat, dan terutama kaum muda alias remaja. Selain itu, penyebaran melalui narkoba atau transfusi darah berada di urutan selanjutnya.

Sumber : Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar