Rabu, 19 Oktober 2011

Wacana Bahasa Indonesia Pada Tataran Ilmiah, Semi Ilmiah, Dan Non Ilmiah

Wacana Ilmiah
Karya Ilmiah adalah karya tulis yang disusun oleh seorang penulis berdasarkan hasil-hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukannya. adapun pengertian lain tentang kara ilmiah dimana dikatakan bahwa karya ilmiah (scientific paper) adalah laporan tertulis dan dipublikasi yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
Contohnya adalah makalah, artikel, laporan praktikum, skripsi, tesis, dan disertasi.

Contoh Wacana Ilmiah:
Di mata kapten Timnas Jerman, Philipp Lahm, penampilan Der Panzer dapat dikatakan sejajar dengan raksasa Amerika Latin Brasil. Namun, Lahm mengakui jika Spanyol tetap menjadi patokan.

Sejumlah mahasiswa terlibat bentrok dengan polisi di depan kantor Gubernur Banten, Rabu (19/10). Mereka menyerukan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menangkap Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

IMF menilai Ekonomi Indonesia termasuk yang terkuat di ASEAN. Tapi bukan berarti Indonesia imun terhadap krisis ekonomi global, Rabu (19/10).

Setelah sukses masuk box office pada tahun 2003 silam, Tim Bevan, Eric Fellner dan Mark Huffam kembali sekuel Johnny English dengan judul Jhonny English Reborn.


Wacana Semi Ilmiah
adalah sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan dan penulisannyapun tidak semiformal tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis-analitis karena sering di masukkan karangan non-ilmiah. Maksud dari karangan non-ilmiah tersebut ialah karena jenis Semi Ilmiah memang masih banyak digunakan misal dalam komik, anekdot, dongeng, hikayat, novel, roman dan cerpen.
Karakteristiknya : berada diantara ilmiah.

Contoh Wacana Semi Ilmiah:
Cerpen Lucu - Ada seorang preman yg sangat sekali jahat suka mencuri, memperkosa, meminum-minuman keras. suatu hari dia bertemu seorang ustad dan berkata"pak ustad... saya ini preman, saya tahu dosa saya banyak namun, saya tidak yakin saya akan mampir ke neraka" ucapnya angkuh.
"loh kenapa anda tidak yakin ?..." tanya sang ustad bingung.
" karena saat saya melewati jembatan shirathall musthakim karena neraka letaknya dibawah surga pada saat malaikat melempar saya dan sangat benci dengan tingkah laku saya, mereka terlalu kencang melempar dan akhirnya nerakanya kelewatan dan saya malah masuk.


Wacana Non Ilmiah (Fiksi)
adalah satu ciri yang pasti ada dalam tulisan fiksi adalah isinya yang berupa kisah rekaan. Kisah rekaan itu dalam praktik penulisannya juga tidak boleh dibuat sembarangan, unsur-unsur seperti penokohan, plot, konflik, klimaks, setting dsb.

Contoh Wacana Non Ilmiah:
Novel - Lelaki tua itu sudah genap delapan puluh empat hari tak memperoleh ikan. Kita tahu itu merupakan pembukaan kisah Lelaki Tua dan Laut Ernest Hemingway. Kita juga tahu lelaki tua itu kemudian membuktikan dirinya masih nelayan yang boleh diperhitungkan. Setelah berhari-hari melaut, ia akhirnya berhasil mengalahkan seekor ikan marlin besar.


Refensi :
http://messi-barcelona-ghofur.blogspot.com/2011/01/non-ilmiahsemi-ilmiahilmiah-beserta.html
http://ekakurniawan.com/blog/novel-dan-psikologi-36.php
http://endra456.blogspot.com/2010/12/arti-wacana-ilmiah.html
http://setyopriono.blogspot.com/2010/11/bahasa-indonesia-dalam-tataran-ilmiah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar