Selasa, 18 Oktober 2011

Fungsi Bahasa Sebagai Alat Komunikasi

Kita menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi karena bahasa merupakan alat termudah untuk mengungkapkan sesuatu yang ingin kita lakukan dan ingin kita utarakan. Dengan menggunakan bahasa juga kita menginginkan seseorang memahami perkataan kita, mempengaruhi seseorang, meyakinkan seseorang. Tentunya dengan mempertimbangkan terlebih dahulu struktur kata, tata bahasa yang akan kita ucapkan agar tidak ada orang yang tersinggung dengan perkataan kita.

Sebagai alat komunikasi, bahasa merupakan saluran perumusan maksud kita, melahirkan perasaan kita dan memungkinkan kita menciptakan kerja sama dengan sesama warga. Ia mengatur berbagai macam aktivitas kemasyarakatan, merencanakan dan mengarahkan masa depan kita (Gorys Keraf, 1997 : 4). Komunikasi merupakan akibat yang lebih jauh dari ekspresi diri. Komunikasi tidak akan sempurna bila ekspresi diri kita tidak diterima atau dipahami oleh orang lain.

Fungsi bahasa, yaitu:

Secara umum, bahasa berfungsi sebagai alat untuk berkespresi.
Contohnya : mampu menggungkapkan gambaran,maksud ,gagasan, dan perasaan.

Melalui bahasa kita dapat menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di dalam dada dan pikiran kita, sekurang-kurangnya dapat memaklimkan keberadaan kita. Misalnya seperti seorang penulis buku, mereka akan menuangkan segala seseuatu yang mereka pikirkan ke dalam sebuah tulisan tanpa memikirkan si pembaca, mereka hanya berfokus pada keinginan mereka sendiri.

Sebenarnya ada 2 unsur yang mendorong kita untuk mengekspresikan diri, yaitu:
1. Agar menarik perhatian orang lain terhadap kita.
2. Keinginan untuk membebaskan diri kita dari semua tekanan emosi.

Referensi :
http://www.wikipedia.org
http://david-laisina.blogspot.com/2010/10/contoh-fungsi-bahasa-sebagai-alat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar