Minggu, 10 Maret 2013

ETIKA YANG ADA DI INDONESIA

I. Definisi Etika
Pengertian Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani adalah “Ethos”, yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral yang merupa¬kan istilah dari bahasa Latin, yaitu “Mos” dan dalam bentuk jamaknya “Mores”, yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghin-dari hal-hal tindakan yang buruk.Etika dan moral lebih kurang sama pengertiannya, tetapi dalam kegiatan sehari-hari terdapat perbedaan, yaitu moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dilakukan, sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku Etika dimulai bila manusia merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat spontan kita. Kebutuhan akan refleksi itu akan kita rasakan, antara lain karena pendapat etis kita tidak jarang berbeda dengan pendapat orang lain. Untuk itulah diperlukan etika, yaitu untuk mencari tahu apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia. Secara metodologis, tidak setiap hal menilai perbuatan dapat dikatakan sebagai etika. Etika memerlukan sikap kritis, metodis, dan sistematis dalam melakukan refleksi. Karena itulah etika merupakan suatu ilmu. Sebagai suatu ilmu, objek dari etika adalah tingkah laku manusia. Akan tetapi berbeda dengan ilmu-ilmu lain yang meneliti juga tingkah laku manusia, etika memiliki sudut pandang normatif. Maksudnya etika melihat dari sudut baik dan buruk terhadap perbuatan manusia.

II. Etika Di Indonesia
Di Indonesia sendiri etika sangatlah di perlukan dan banyak di gunakan masyarakat luas. Terlebih di daerah-daerah diluar Ibukota Jakarta, mereka amat sangat menjunjung tinggi etika, budaya, norma agama, norma sosial dan lain-lain. Namun akhir-akhir ini etika di dalam masyarakat sedikit demi sedikit mulai terkikis dan mudah di tinggalkan. Padahal dalam kenyataannya, etika amat sangat dibutuhkan untuk individu-individu khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu, marilah kita mulai sadari lagi, ingat kembali dan kita lakukan etika-etika baik yang akan sangat berguna bagi diri kita sendiri tentunya, sebab kepribadian seseorang amat sangat terlihat jelas dari etika yang ia miliki, tutur kata, perlaku yang dia tunjukkan terhadap orang lain. Karena Indonesia terkenal hingga Negara lain sebagai masyarakat yang ramah-tamah, sopan-santun, jadi marilah kita tunjukkan kembali prilaku dan etika yang baik demi harumnya nama Indonesia hingga sampai ke seluruh dunia sebagai Negara dengan masyarakat yang baik. 

Berikut adalah contoh-contoh etika-etika baik yang ada di Indonesia : 

1. Sedikit membungkuk ketika kita lewat di depan orang yang lebih tua dari kita seraya mengucapkan kata “permisi”. 
  • Faktanya : Masih ada sebagian yang melakukan prilaku di atas, tapi juga ada yang mulai melupakannya, padahal prilaku diatas merupakan tindakan yang sopan untuk menghormati orang yang lebih tua daripada kita.

2. Mendahulukan orang tua yang berjalan di belakang kita untuk jalan terlebih dahulu, seraya berkata “silahkan jalan duluan bu / pak”. 
  • Faktanya : Kita juga mulai melupakan prilaku sederhana diatas, dengan alasan kita sedang terburu-buru, takut terlambat pergi ke suatu tempat karena orang tua apabila jalan di depan kita mereka pasti jalannya rata-rata “lama”, padahal prilaku di atas juga salah satu etika untuk menghormati orang tua.

3. Apabila sedang berada di kendaraan umum seperti : bus, kereta, dan lain-lain, kita harus memberi tempat duduk kita untuk di persilahkan kepada ibu-ibu / nenek-nenek / ibu membawa anak kecil / wanita hamil / penandang cacat, dan lain-lain. 
  • Faktanya : Sekarang banyak anak muda / bapak-bapak yang tidak mau memberikan tempat duduknya untuk orang-orang diatas, malah mereka pura-pura tidur untuk menghindarinya. 

4. Mengucapkan salam, berpamitan dan mencium tangan kedua orang tua kita ketika akan hendak bepergian keluar rumah dan kembali ke rumah.
  • Faktanya : Kebiasaan ini mulai di tinggalkan oleh anak muda zaman sekarang dengan alasan sedang terburu-buru pergi jadi tidak sempat berpamitan, mencium tangan, dan memberi salam terhadap kedua orang tua.

5. Menyebrang jalan pada tempatnya dan menyebrangkan jalan orang tua yang hendak menyebrang. 
  • Faktanya : Banyak yang menyebrang jalan sembarangan karena alasan terlalu jauh apabila harus naik ke jembatan penyebrangan, tempat zebra cross juga jauh dan banyak juga yang mulai tidak membantu orang tua yang ingin menyebrang.

6. Membuang sampah pada tempatnya.
  • Faktanya : Banyak juga yang membuang sampah tidak pada tempatnya, dengan alasan tempat sampah jauh, padahal kita bisa menyimpan sampah di saku atau di tas kita dahulu sambil mencari tempat sampah nanti sambil jalan.

7. Menyapa orang yang kita kenal atau tersenyum apabila bertemu / berpapasan di jalan.
  • Faktanya : Karena sedang di jalan, banyak dari kita yang tidak mau menyapa atau minimal tersenyum kepada orang yang padahal kita kenal. Imbasnya nanti kita akan di anggap sombong. Walaupun kita tidak mengenal orang tersebut sebaiknya kita senyum kepada orang yang berpapasan dengan kita, karena itu merupakan sikap ramah yang menjadi ciri khas bangsa kita. 

8. Memberikan tumpangan kepada orang yang kita kenal apabila kita membawa kendaraan dan berpapasan di jalan oleh orang itu.
  • Faktanya : Karena malas berhenti jadi kebanyakan dari kita yang langsung saja jalan padahal kita bertemu orang yang kita kenal tapi tidak memberi mereka tumpangan, tapi banyak juga dari kita yang memberi tumpangan terhadap orang yang kita kenal.

9. Selalu berpakaian rapi apabila kita ingin keluar rumah maupun didalam rumah sekalipun. 
  • Faktanya : Banyak dari kita yang masih menggunakan pakaian yang kurang rapi jika ingin berpergian keluar rumah, padahal kenyataannya kepribadian seseorang juga dapat dinilai dari cara dia berpakaian apakah rapi atau tidaknya.

10. Bertutur kata yang baik.
  • Faktanya : masih banyak orang Indonesia yang bertutur kata baik, tapi banyak juga yang masih menggunakan kata yang tidak sopan / suka mengejek apalagi dengan teman mereka sendiri, karena sadar atau tidak, apabila kita sering mencela orang, orang biasanya akan sakit hati atas perkataan kita tanpa kita sadari.  


 Benarkah pernyataan di atas ?? Jawabanya tergantung anda yang menilainya :)




Sumber :
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Etika
  • http://erniritonga123.blogspot.com/2010/01/definisi-etika.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar