Jumat, 04 November 2011

Sistem Komputer

Sekilas Mengenai Sistem Komputer
Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.  

Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu, dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware).  

Skema Dasar Sistem Komputer. 
Pada abstraksi tingkat atas, sistem komputer terdiri atas empat komponen. Keempat komponen bekerja sama dan saling berinteraksi untuk mencapai tujuan sistem komputer, yaitu komputasi.  

Empat komponen pokok di sistem komputer adalah:
• Pemroses.
• Memori Utama.
• Perangkat Masukkan dan Keluaran.
• Interkoneksi antarkomponen.  

1. Pemroses.
Pemroses berfungsi melakukan pengolahan data pengendalian operasi computer.

2. Memori Utama.
Memori berfungsi menyimpan data dan program. Program harus disimpan dimemori utama sebelum dapat dieksekusi. Data harus disimpan dimemori utama sebelum dapat dimanipulasi oleh pemroses. Memori utama biasanya volatile, tidak dapat mempertahankan data dan program yang disimpan apabila sumber daya energi (listrik) dihentikan.

3. Perangkat masukan dan keluaran.
Perangkat masukan dan keluaran berfungsi memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternal. Lingkungan eksternal dapat di antarmuka (interface) beragam perangkat, seperti:
• Perangkat penyimpanan sekunder.
• Perangkat Komunikasi.
• Terminal.
• Dan sebagainya.
 Perangkat-perangkat ini berfungsi menghubungkan komputer dengan lingkungan luar sehingga komputer dipengaruhi dan mempengaruhi lingkungannnya. Dengan cara ini, komputer memberi manfaat bagi penggunanya.  

4. Interkoneksi Antarkomponen.
Interkoneksi antarkomponen adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan ketiga komponen (pemroses, memori utama, dan perangkat masukan/keluaran). Secara fisik interkoneksi antarkomponen berupa perkawatan baik berupa perkawatan logam atau cara koneksi fisik lainnya. Komponen interkoneksi sesungguhnya tidak hanya perkawatan tapi juga tata cara atau aturan (atau protokol) komunikasi di antara elemen-elemen terhubung yang berkomunikasi agar tidak kacau sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Gambar skema blok sistem komputer.











Referensi:
• http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_komputer
• Haryanto, Bambang.2009.Sistem operasi. Jakarta: Informatika bandung.
• https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjR8pkQ6zPu6JKxOW6HZc7LtavOoQxe01RiXZr6uuuEOwihbm-tnWcCvvartnglt90_og4KG0A2H4f_owCob_qe0QKWE_8wADWuCICxGAsUmZB4oUU0rfpHw1UPx-vSuy10SCpKb2Y0khKj/s1600/merahkotakkotakskemablok.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar